SESATAN HEXAGON
A. PENDAHULUAN
Media pembelajaran diartikan sebagai semua benda yang menjadi perantara dalam terjadinya pembelajaran. Berdasar fungsinya media dapat berbentuk alat peraga dan sarana. Namun dalam keseharian kita tidak terlalu membedakan antara alat peraga dan sarana. Sehingga semua benda yang digunakan sebagai alat dalam pembelajaran matematika kita sebut alat peraga matematika. Demikian pula pada makalah ini, media matematika kita sebut alat peraga matematika.
Menurut Estiningsih (1994) alat peraga merupakan media pembelajaran yang mengandung atau membawakan ciri-ciri konsep yang dipelajari
Peluang merupakan kemungkinan timbulnya suatu kejadian. Untuk membantu siswa dalam memahami konsep dasar peluang, maka dalam makalah ini, akan memberikan contoh sebuah media/alat peraga untuk melakukan percobaan mengenai materi peluang dengan media”sesatan hexagon”.
B. Pembahasan
Fungsi/kegunaan: untuk mengetahui peluang kejadian suatu percobaan dengan menggunakan media sesatan hexagon.
Gambar 1: alat peraga sesatan hexagon
Gambar 2: celah sesatan hexagon
A Celah baris ke-1
B1 B2 Celah baris ke-2
C1 C2 C3 Celah baris ke-3
D1 D2 D3 D4 Celah baris ke-4
E1 E2 E3 E4 E5 Celah baris ke-5
Pembuatan media
a. Bahan dan alat
No
|
Bahan
|
Alat
|
1
2
3
4
|
Styrofoam
Karton manila tebal
Lem
dobletip
|
Pisau
Gunting
Pena
Penggaris
|
Langkah- langkah pembuatan media
1. Mendisain gambar media (susunan dari beberapa segi enam yang berukuran sama)
2. Hasil disain ditempel pada Styrofoam, dan memotong Styrofoam sesuai dengan gambar yang telah didisain tadi.
3. Tempelkan gambar hasil potongan tersebut pada karton manila tebal dengan susunan yang teratur.sesuai dengan disain sebelumnya.
4. Memberi pinggir-pinggir dengan Styrofoam dari tempelan beberapa segi enam yang telah tersusun teratur.
5. Pinggiran dari Styrofoam tersebut dilapisi lagi pinggirnya dengan karton manila tebal.
Lengkapilah tabel berikut :
Tabel 1: jenis dan jumlah lintasan yang mungkin dilewati bola
Baris ke | Celah Sasaran | Lintasan yang mungkin dilewati |
Banyak lintasan
|
1
|
A
|
1
| |
2
|
B1
B2
|
A B1
A B2
|
1
1
|
3
|
C1
C2
C3
|
A B1 C1
A B1 C2 , A B2 C2
A B2 C3
|
1
2
1
|
4
|
D1
D2
D3
D4
|
A B1 C1 D1
A B1 C1 D2 , A B1 C2 D2 , A B2 C2 D2
A B1 C2 D3 , A B2 C2 D3 , A B2 C3 D3
A B2 C3 D4
|
1
3
3
1
|
5
|
E1
E2
E3
E4
E5
|
A B1 C1 D1E1
………, ………,………,………
………, ………,………,………,………,………
………, ………,………,………
AB2C3D4E5
|
1
4
6
4
1
|
6
|
F1
F2
F3
F4
F5
F6
|
…………………………………………………...
…………………………………………………...
…………………………………………………...
…………………………………………………...
…………………………………………………...
…………………………………………………...
|
……
……
……
……
……
……
|
Berdasarkan Tabel 1 di atas, lengkapilah Tabel 2 dan Tabel 3 di bawah ini !
Tabel 2: banyak lintasan yang mungkin dilewati bola pada setiap celah
Celah
|
Banyak Lintasan di Setiap Celah
|
Total lintasan
|
Baris ke 1
Baris ke 2
Baris ke 3
Baris ke 4
Baris ke 5
Baris ke 6
|
1
1 1
1 2 1
1 3 3 1
… … … … …
… … … … … …
|
1
2
4
8
…
…
|
Tabel 3: probabilitas bola masuk ke suatu celah
Celah
|
Total
Lintasan
|
Sub Celah
|
Banyak
Lintasan
|
Probabilitas
Bola masuk
|
A
|
1
|
A
|
1
|
1/1
|
B
|
2
|
B1
B2
|
1
1
|
½
½
|
C
|
4
|
C1
C2
C3
|
1
2
1
|
¼
½
¼
|
D
|
…
|
D1
D2
D3
D4
|
…
…
…
…
|
…
…
…
…
|
E
|
…
|
E1
E2
E3
E4
E5
|
…
…
…
…
…
|
…
…
…
…
…
|
F
|
…
|
F1
F2
F3
F4
F5
F6
|
…
…
…
…
…
…
|
…
…
…
…
…
…
|
Kesimpulan:
Dari Tabel 3 dapat disimpulkan bahwa:
Probabilitas bola masuk ke sekat L1 = 1/32
Probabilitas bola masuk ke sekat L2 = …
Probabilitas bola masuk ke sekat L3 = …
Probabilitas bola masuk ke sekat L4 = …
Probabilitas bola masuk ke sekat L5 = …
Probabilitas bola masuk ke sekat L6 = …
Setelah melakukan percobaan tersebut dapat dilanjutkan percobaan dengan menggunakan alat peraga (sesatan hexagon) lain seperti Gambar berikut.
nAH, sangat Mudahkan........
selamat mencoba.......
lw kagak ngerti, silakan di coment ajjah.OKKKKKK............
gak ngerti cara penggunaanya bang...
BalasHapusapa makna, kelebihan,fungsi dari sesatan hexagon ?
BalasHapuskelebihannya apa bang?
BalasHapus