KONSEP DASAR PENGELOLAAN KELAS



1.  Pengertian
Manajemen kelas adalah suatu upaya yang dilakukan guru dalam rangka menciptakan, mengkondisikan kelas seoptimal mungkin agar tercipta kelas yang kondusif untuk proses belajar mengajar. Penciptaan suasana kelas yang kondusif guna menunjang proses pembelajaran yang optimal menuntut kemampuan guru untuk mengetahui, memahami, memilih, dan menerapkan pendekatan yang dinilai efektif menciptakan suasana kelas yang kondusif dalam menunjang proses pembelajaran yang optimal. Jadi jelas betapa pentingnya pengelolaan kelas guna menciptakan suasana kelas yang kondusif demi meningkatkan kualitas pembelajaran. Pengelolaan kelas menjadi tugas dan tanggung jawab guru dengan memberdayakan segala potensi yang ada dalam kelas demi kelangsungan proses pembelajaran. Hal ini berarti setiap guru dituntut secara profesional mengelola kelas sehingga tercipta suasana kelas yang kondusif mulai dari awal hingga akhir pembelajaran.
Manajemen kelas merupakan bagian integral pengajaran efektif yang mencegah masalah perilaku melalui perencanaan, pengelolaan, dan penataan kegiatan belajar yang lebih baik, pemberian materi pengajaran yang lebih baik, dan interaksi guru siswa yang lebih baik, membidik pada pengoptimalan keterlibatan dan kerjasama siswa dalam belajar. Teknik kontrol perilaku atau pendisiplinan pada akhirnya akan tidak terlalu efektif karena teknik tersebut tidak mendorong perkembangan disiplin diri atau tanggung jawab anak sendiri atas tindakannya. Nilai-nilai dan ketrampilan sosial harus diajarkan dan dicontohkan oleh guru.
Seorang pendidik atau guru perlu menguasai banyak faktor yang mempengaruhi motivasi, prestasi dan perilaku siswa mereka. Lingkungan fisik di kelas, level kenyamanan emosi yang dialami siswa dan kualitas komunikasi antar guru dan siswa merupakan faktor penting yang bisa memampukan atau menghambat pembelajaran yang optimal. Guru bertanggung jawab untuk berbagai siswa, termasuk mereka dari keluarga yang tidak mampu atau kurang beruntung, siswa yang mungkin harus bekerja setelah sekolah, atau mereka yang berasal dari kelompok minoritas etnis, agama atau bahasa atau mereka dengan berbagai kesulitan atau kecacatan belajar. Tak satupun dari situasi atau faktor ini harus menyebabkan masalah pendidikan, namun anak-anak ini mungkin beresiko mendapatkan pengalaman sekolah yang negatif dan tak bermakna jika guru tidak responsif terhadap kebutuhan dan kemampuan mereka atau mampu menggunakan pengajaran dan strategi kelas yang efektif dan disesuaikan menurut individu.
Guru sebagai pengelola kelas merupakan orang yang mempunyai peranan yang strategis yaitu orang yang merencanakan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di kelas, orang yang akan mengimplementasikan kegiatan yang direncanakan dengan subjek dan objek siswa, orang menentukan dan mengambil keputusan dengan strategi yang akan digunakan dengan berbagai kegiatan di kelas, dan guru pula yang akan menentukan alternatif solusi untuk mengatasi hambatan dan tantangan yang muncul; maka dengan tiga pendekatan-pendekatan yang dikemukakan, akan sangat membantu guru dalam melaksanakan tugas pekerjaannya.

2.    Urgensi Kompetensi Pengelolahan Kelas Bagi Guru Dan Siswa
Pengelolahan kelas sangat penting bagi guru dan siswa, karena dengan pengelolahan kelas yang baik dan terkontrol dengan baik ini sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Jika guru dapat mengelolah kelas dengan baik, makna akan mudah bagi guru dalam memberikan/mentransfer ilmu yang dimiliki seorang guru kepada siswa. Dan siswapun akan merasa sangat nyaman dan mudah menerima ilmu yang yang di sampaikan guru.
       Dan jika guru tidak dapat mengelolah kelas dengan baik maka tujuan pembelajaran akan sulit tercapai, dan guru pun akan mendapat kesulitan dalam proses belajar mengajar karena kurang terkontrolnya aktivitas siswa dalam kelas. Jadi seorang guru itu harus memiliki kemampuan untuk mengelolah kelas.
3.    Perbedaan konsep pengelolaan kelas dengan pengelolaan pembelajaran
Pengelolahan kelas itu sangat berbeda dengan pengelolahan pembelajaran. Pengelolaan kelas itu merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, sebab untuk tercapainya tujuan pembelajaran itu, selain dalam menyampaikan materi, guru harus bisa mengelolah kelas sehingga tercipta kelas yang kondusif dan disenangi oleh siswa. Untuk itu dalam pengelolaan kelas ini sangat dituntut upaya guru untuk mengkondisikannya. Sedangkan pengelolaan pembelajaraan itu, juga usaha guru tetapi lebih menekankan pada perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut dalam pembelajaran. Sehingganya nanti tercapainya tujuan pembelajaran yang sesuai dengan apa yang direncanakan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendekatan Pemecahan Masalah

KATA SERAPAN DAN TANDA BACA

PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK