IMPLEMENTASI KESESUAIAN RPP
1. Pengertian RPP
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasaryang ditetapkan dalam standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup satu kompetensi dasaryang terdiri atas satu atau beberapa indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih.
2. Komponen RPP
Komponen-komponen RPP antara lain:
a. Identitas mata pelajaran
identitas mata pelajaran meliputi satuan pendidikan, kelas, semester, program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran, dan jumlah pertemuan.
b. Standar kompetensi
Standar kompetensi merupakan kualifikasikemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan atau semester pada suatu mata pelajaran.
c. Kompetensi dasar
Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam pelajarantertentu sebagai rujukan penyusunan indicator kompetensi dalam suatu pelajaran.
d. Indicator pencapaian kompetensi
Indicator kompetensi adalah perilaku yang dapat di ukur dan atau diobservasi untuk menunjukan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
e. Tujuan pembelajaran
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peerta didiksesuai dengan kompetensi dasar.
f. Materi ajar
Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indicator pencapaian kompetensi.
g. Alokasi waktu
Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
h. Metode pembelajaran
Metode pembelajaran adalah cara megjar yang dignakan oleh guru agar terwujudnya suasana belajar yang baik dan pencapaian terhadap kompetensi dasar atau seperangakat indicator yang telah ditetapkan.
i. Kegiatan pembelajaran
1. Pendahuluan
Merupakan kegiatan awal dalam suat pertemuan pembelajaran yang ditujukn untuk membangkitakan motivasi siswa dan mengajak siswa agar berpartisipasi aktif dalam pembelajara.
2. Inti
Kegiatan ini merupakan proses pembelajaran untuk mecapai KD.
3. Penutup
Kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktifitas pembelajaran ayang dilakukan dalam bentuk rangkuman, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
j. Penilaian hasil belajar
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan denga indicator pencapaian kompetensi dan mengacu pada standar penilaian.
k. Sumber belajar
Penentuan umber belajar didasarkan pada standar kompeteni dasar, erta materi ajar, dll
3. Prinsip-prinsip penyusunan RPP
Prinsip-prinsip penyusuna RPP antara lain:
a) Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
b) Mendorong partisipasi aktif peserta didik
c) Mengembangkan budaya membaca dan menulis
d) Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
e) Keterkaitan dan keterpaduan
f) Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi
PENUTUP
1. Kesimpulan
Dari observasi yang kami lakukan, kami memperhatikan dan dapat mengambil kesimpulan bahwa guru matematika yang kami lihat sudah menerapakan sebagian besar dari RPP yang telah dia buat. Meskipun masih ada sebagian kecil yang tidak dilaksanakan. Seperti mencek kehadiran siswa, dan kadang-kandang k=lupa memberikan motivasi pada siswa. Tapi sebagian besar dari RPP yang telah dibuat itu sudah dilakukan dengan baik.
2. Saran
Dalam hal ini penulis menyarankan agar seorang guru itu membuat RPP semenarik mungkin, sehingga bisa membuat siswa termotivasi untuk beajar matematika. Tak hanya RPP yang menarik, tapi juga hendaknya melaksanakan apa yang telah dibuat dalam RPP itu sendiri.
BAB III
HASIL PENGAMATAN
Dari hasil observasi yang dilakukan kami memperoleh data sebagai berikut:
Materi yang diajarkan selama kami melakukan observasi adalah Statistika.
Pertemuan yang kedua dalam materi Statistika, dengan pokok bahasan mengurutkan data tunggal.
Langkah guru dalam RPP | dilakukan | Tidak dilakukan | |
Pendahuluan | |||
Memberi motivasi | |||
Memeriksa PR dengan menukarkan dengan teman sebangku | |||
Menyampikan indikator pencapaian | |||
Guru mencek kehadiran siswa | |||
Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya | |||
Kegiatan inti | |||
Guru menjelaskan materi dengan tanya jawab bersama siswa | |||
Siswa diminta mengerjakan latihan halaman 45 | |||
Guru berkeliling memberikan bimbingan | |||
Guru membeikan latihan pada siswa halaman 36 | |||
Siwa menjawab sesuai dengan penguasaan konsep dan guru membimbing siswa | |||
Siwa membahas latihan bersama-sama. | |||
Penutup | |||
siswa diberi waktu ntuk memikirkan cara mengurutkan data tunggal | |||
siswa diberi tugas atau PR | |||
Pertemuan ketiga
Langkah guru dalam RPP | dilakukan | Tidak dilakukan | |
Pendahuluan | |||
Memberi motivasi | |||
Memeriksa PR dengan menukarkan dengan teman sebangku | |||
Menyampikan indikator pencapaian | |||
Guru mencek kehadiran siswa | |||
Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya | |||
Kegiatan inti | |||
Guru menjelaskan materi dengan tanya jawab bersama siswa | |||
Siswa dengan teman sebangkunya diminta mengerjakan latihan halaman 37 – 38 buku Intan | |||
Guru berkeliling memberikan bimbingan | |||
Guru menyuruh siswa membentuk kelompok dan menyampaikan hasil diskusi kelompoknya dan memberi latihan | |||
Siwa menjawab sesuai dengan penguasaan konsep dan guru membimbing siswa | |||
Siwa membahas latihan bersama-sama. | |||
Penutup | |||
siswa diberi waktu ntuk memikirkan cara menghitung mean, modus, dan median | |||
siswa diberi tugas atau PR | |||
Pertemuan ke empat
Langkah guru dalam RPP | dilakukan | Tidak dilakukan | |
Pendahuluan | |||
Memberi motivasi | |||
Memeriksa PR dengan menukarkan dengan teman sebangku, damn meminta siswa yag bisa untuk menulis kedepan, yang lain mencek buku PR temannya. | |||
Menyampikan indikator pencapaian | |||
Guru mencek kehadiran siswa | |||
Guru memberikan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya | |||
Kegiatan inti | |||
Guru menjelaskan materi dengan tanya jawab bersama siswa | |||
Siswa diminta mengerjakan latihan halaman 41 no 3 | |||
Guru berkeliling memberikan bimbingan | |||
Bersama-sama siswa membahas dengan cara siswa yang bisa diminta membuat kepapan tulis | |||
Untuk mengetahui pemahaman siswa diberikan latihan hal 41 uji keterampilan no 4 dan 5 ( buku intan) | |||
Siwa dibiarkan menjawab sesuai dengan penguasaan konsepnya. | |||
Guru berkeliling memberikan bimbingan | |||
Bersama-sama siswa membahas dengan cara siswa yang bisa diminta membuat kepapan tulis | |||
Penutup | |||
Siswa diberi waktu untuk memikirkan cara mengurutkan data. | |||
siswa diberi tugas atau PR |
Komentar
Posting Komentar